MAKAN DAN MINUM DENGAN TANGAN KANAN - NafisaHijab

MAKAN DAN MINUM DENGAN TANGAN KANAN

2 bulan yang lalu    

Makan dan minum rutinitas kita setiap hari. Dalam Islam adab dalam makan dan minum ini diatur.

Adab makan dan minum sesuai dengan hadist Nabi Muhammad memakai tangan kanan.

Dari Abdullah bin ‘Umar radhiallahu anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim)

Dari ‘Umar bin Abi Salamah radhiallahu anhu dia berkata: Dulu aku adalah anak kecil yang berada di bawah pengasuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Ketika makan, tanganku berpindah-pindah kesana kemari di atas piring. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadaku:

 “Wahai nak, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang ada di dekatmu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Salamah bin Al-Akwa’ radhiallahu anhu dia berkata:

 “Ada seorang laki-laki yang makan di samping Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan tangan kirinya. Maka Rasulullah bersabda, “Makanlah dengan tangan kananmu!” Dia menjawab, “Aku tidak bisa.” Beliau bersabda, “Semoga kamu tidak bisa?” -padahal tidak ada yang mencegah dia makan dengan tangan kanan kecuali karena sombong-. Setelah itu tangannya tidak bisa dia angkat sampai ke mulutnya.” (HR. Muslim)

Para ulama sepakat bahwa hukum makan dan minum dengan tangan kanan adalah wajib. Sebagaimana dalam hadist ada kalimat perintah dari nabi untuk makan dan minum dengan tangan kanan dimana hukum perintah adalah wajib. Pada hadist ketiga dapat pula kita lihat Hadist dimana seorang yang di perintah nabi makan dengan tangan kanan tetapi dia mengatakan “Aku Tidak Bisa”, akibat dari penentangannya terhadap nabi akhirnya ia benar-benar tidak mampu mengangkat tangannya untuk makan. Subhanallah.

Kenapa kita dilarang makan dengan tangan kiri? Karena itu termasuk perbuatan setan. Sebagai muslim dilarang meniru perbuatan setan. Kita jalankan perintah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Syaikh al-‘Utsaimîn rahimahullah mengatakan, bila Anda melihat dua orang, salah satu dari mereka makan dan minum dengan tangan kanan dan yang lain menggunakan tangan kirinya, maka orang pertama sedang menjalankan petunjuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan orang kedua berada di atas petunjuk setan. Apakah ada seorang Muslim yang berkenan mengikuti petunjuk setan dan mengesampingkan petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Syaikh al-‘Utsaimîn rahimahullah berpesan, orang tua wajib mengajari anak-anaknya agar makan dan minum dengan tangan kanan.

Mari kita makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan seperti yang diperintahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam

 

Artikel 

Hijab Nafisa - Inspirasi cantikmu




Komentar Artikel "MAKAN DAN MINUM DENGAN TANGAN KANAN"