BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA PARA PAHLAWANNYA - NafisaHijab

BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA PARA PAHLAWANNYA

1 bulan yang lalu    

Hari ini 10 November bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan. Hari dimana 73 tahun lalu arek-arek Suroboyo dengan gigih berani dan semangat panntang menyerah bertempur melawan serdadu NICA yang diboncengi Belanda.

Pertempuran 10 ovember 1945 ini bermula dari Belanda yang mengkibarkan benderanya di hotel Yamato Surabaya pada 27 Oktober. Para pemuda marah dan merobek bendera Belanda dengan menghilangkan warna birunya. 
Insiden ini memunculkan pertempuran pertama Indonesia melawan tentara Inggris hingga akhirnya Jenderal DC Hawto meminta bantuan presiden Sukarno untuk meredakan.
Gencatan senjata terjadi dan ditandatangani pada 29 Oktober 1945. Meski ada gencatan ini bentrokan masih sering terjadi hingga puncaknya ketika Brigadir Jendral Mallaby selaku pimpinan tentara Inggris di jawa Timur terbunuh pda 30 Oktober 1945.
Saat itu mobil yang ditumpangi Brigadir Jendral Mallaby berapasan dengan pejuang Indonesia di jembata merah. Salah paham terjadi hingga terjadi tembak menembak dan mengenahi Brigadir Jendral Mallaby sampai mobil yang ditumpangi sang jenddral diledakkan dengan granat oleh para pejuang.
Kematian Brigadir Jendral Mallaby membuat pihak Inggris marah dan keluarlah ultimatum dari Mayor Jenddral Erick carden Robert Mansergh yang meminta para pejuang Indonesia menyerahkan senjata dan menghenikan perlawanan terhadap tentara NICA.
Ultimatum ini tidak diindahkan. Akhirnya pada 10 November pasukan Inggris melakukan serangan ke seluruh sudut di Surabaya. Dalam 3 hari Inggris menguasai kota Suradaya. Namun pertempuran baru benar-benar berakhir setelah 3 minggu.
Sebanyak 6000 rakyat Indonesia gugur dalam pertempuran ini dan ribuan rakyat mengungsi meninggalkan kota.
Sejarah kegigihan dan semangat pantang menyerah arek-arek Surabaya ini bisa menjadi contoh para generasi muda ke depan dalam membangun bangsa ini.

Hijab Nafisa
Inspirasi Cantikmu




Komentar Artikel "BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA PARA PAHLAWANNYA"